Membuat Program Arduino Untuk Mengendalikan Lampu melalui Android

Masih berkaitan dengan postingan saya yang sebelumnya
"Mengendalikan Lampu melalu Smartphone Android via Bluetooth Arduino", postingan akan membahas cara pembuatan dari sisi mikrokontroler nya.

Mikrokontroler yang digunakan dalam percobaan ini adalah mikrokontroler Arduino. Jenis board arduino yang digunakan adalah Arduino UNO, untuk mempelajari arduino lebih dalam silahkan engunjungi situs resmi arduino di arduino.cc.
Protokol komunikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi antara arduino dan smartphone android adalah komunkasi serial karena menggunakan modul Bluetooth HC-05. Berikut ini tampilan koneksi antara Bluetooth HC-05 dan Arduino UNO.

Module Bluetooth HC-05
Koneksi module Bluetooth HC-05 dan Arduino UNO

Komponen yang diperlukan :
1. Arduino UNO
2. Bluetooth HC-05
3. Resistor 1K dan 2K
4. 4 pcs Resistor 330 Ohm untuk LED
5. 4 pcs LED

Resistor ini dibutuhkan sebagai pembagi tegangan yang akan masuk ke pin RX modul HC-05, karena level tegangan yang diperlukan pada pin RX modul HC-05 yaitu 3,3 Volt sedangan level tegangan yang keluar dari pin TX Arduino yaitu 5 Volt maka dari itu dibutuhkan resistor pembagi tegangan ini.

Sebagai simulasi digunakan 4 buah LED, silahkan dipasang di pin digital sesuai keinginan, dalam percobaan ini penulis mengkoneksikan LED ke pin digital 2,3,4,5,6. Langsung saja ke program arduino, berikut listing programnya.

Program arduino bluetooth
Code program yang dibuat merupakan program serial biasa dengan membaca karakter yang masuk ke dalam buffer serial kemudian arduino uno mengolahnya dengan menghidupkan dan mematikan LED pada pin digital yang digunakan sebelumnya.

Selamat mencoba.

Share this

All sharing is only for you guys...
-----------------------------------
Previous
« Prev Post