Apa Itu LabVIEW ?

LabVIEW merupakan singkatan dari Laboratory Virtual Instrument Engineering Workbench. LabVIEW adalah Software yang di kembangkan oleh National Instrument, merupakan sebuah software untuk membuat aplikasi yang berbasis grafis (graphical programming). Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya yang biasa nya menggunakan structured text lenguage (Bahasa pemrograman berbasis text) LabVIEW hadir dengan bahasa pemrograman berbasis Block Diagram.




Bagitu banyak engineer dan scientist yang menggunakan LabVIEW untuk membuat maupun mengembangkan aplikasi pengukuran, akusisi data (data acquisition) dan aplikasi lainnya, hal ini karena platform LabVIEW yang dapat di integrasikan dengan beragam target device, PLC, mikrokontroler, Remote Terminal Unit, remote aplikasi via mobile, dan device lainnya. 
LabVIEW semakin menarik karena banyak dibekali dengan berbagai libraries, untuk mempermudah penggunanya membuat program sesuai yang diinginkan.

Program labVIEW dikenal dengan sebutan VI atau Virtual instruments karena penampilan dan operasinya dapat meniru sebuah instrument. 


Bagian Utama pada LabVIEW

1. Front Panel
Tempat bagi user untuk membuat user interface (front panel).

Front Panel


2. Block Diagram
Bahasa pemrograman yang digunakan pada LabVIEW.
Blok diagram


3. Control palette
Pada Control Palette terdapat control dan indicator yang digunakan untuk membuat user interface atau front panel. Kita dapat mengakses control pallete dengan memilih View>>Controls palette. Berbagai kontrol ini terbagi menjadi beberapa kategori yang memiliki fungsi yang berbeda.

Control palette


4. Function Palette
Pada function palette terdapat fungsi dan konstanta yang dapat digunakan user untuk membangun blok diagram. Kita dapat mengakses function palette dengan memilih View>>Function Palette.


Function palette

Untuk mengetahui LabVIEW lebih lanjut silahkan mengunjungi situs resmi National Instruments (http://www.ni.com/). Di Indonesia sendiri juga terdapat forum LabVIEW yang sering digunakan sebagai media sharing dengan sesama pengguna LabVIEW, berikut Link nya LabVIEW Team Indonesia.


Share this

All sharing is only for you guys...
-----------------------------------
Previous
« Prev Post