Memulai LabVIEW bagi Pemula

Pada tulisan saya kali ini akan membahas tentang cara memulai LabVIEW bagi pemula. Sebagai gambaran untuk anda, tampilan setiap gambar yang saya gunakan pada tutorial kali ini adalah tampilan berdasarkan seri LabVIEW terbaru mulai dari versi 2011-2015. Untuk versi LabVIEW 2010 kebawah mungkin terdapat sedikit perbedaan tampilan. 

Memulai LabVIEW

Langsung saja kita mulai langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Klik Start pada Windows, All programs, kemudian pilih National Instruments, kemudian pilih folder LabVIEW (misalnya LabVIEW 2014), klik aplikasi LabVIEW 2014.

2. Tunggu beberapa saat akan muncul window LabVIEW seperti pada gambar berikut, kemudian pilih File, klik create project  atau juga dapat dengan menekan tombol Create Project yang ada di kolom sebelah kanan untuk memulai membuat project baru.



3. Setelah itu akan muncul window Create Project, selanjutnya pilih All untuk menampilkan semua project yang dapat dibuat. Dari menu create project ini juga terdapat beberapa template yang akan membantu dan mempermudah programmer nantinya saat membuat program. 
Beberapa template itu antara lain, Simple State Machine,  Queued Message Handler, Actor Framework,  Instrument Driver Project, Touch Panel Project, dll.


4. Untuk kali ini, kita akan membuat project sederhana dahulu dengan mengklik Blank Project, kemudian klik Finish, setelah itu akan muncul window Project Explorer
Pada project explorer, kita bisa membuat vi (virtual instrument), shared variable, library dll. 

Kemudian biasakan jika sampai di tahap ini untuk menyimpan project terlebih dahulu karena project ini belum tersimpan. Klik File, pilih Save All  (this Project) untuk menyimpan semua apa saja yang ada dalam project ini. Pilih lokasi penyimpanan seperti biasa, sesuai keinginan.


Membuat Program Sederhana

Mari kita mulai untuk membuat program sederhana.
1. Pada Project Explorer kita, klik kanan icon My computer, pilih New, pilih VI, maka akan muncul 2 window, window yang berwarna abu-abu disebut Front Panel tempat kita untuk membuat GUI (tampilan panel kita), dan yang satu lagi berlatar putih disebut Block Diagram tempat kita membuat program.


2. Silahkan Save terlebih dahulu kemudian simpan sesuai nama yang dinginkan, perlu diingat nama yang kita buat ini penting, karena vi ini dapat digunakan oleh project lain (disebut subVI).

3. Rancanglah Front Panel seperti gambar berikut ini. Klik kanan di Front Panel tempatkan 2 buah control kedalam Front Panel, yaitu Numeric Control dan Numeric Indicator. Beri nama numeric control dengan Degrees Celcius dan Numeric Indicator dengan Degrees Fahrenheit.


4. Kemudian rancang block diagram seperti gambar berikut ini :


5. Klik Run untuk menjalankan program dengan mengklik icon ini  atau dengan shorcut keyboard Ctrl + R . Klik tombol Stop untuk menghentikan program.

6. Coba program. Selesai 

Sekian tutorial Memulai LabVIEW, silahkan diikuti tutorial-tutorial saya selanjutnya jika berkenan..

Share this

All sharing is only for you guys...
-----------------------------------
Previous
« Prev Post